Sabtu, 15 Juni 2013

UJIAN DALAM HARTA



Dari 'Amr bin 'Auf Radhiallahu 'anhu, salah seorang sahabat yang ikut serta dalam perang Badar, menuturkan bahwa Nabi صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda :

" مَا الْفَقْرَ أَخْشَى عَلَيْكُمْ ، وَلَكِنْ أَخْشَى أَنْ تُبْسَطَ عَلَيْكُمُ الدُّنْيَا كَمَا بُسِطَتْ عَلَى مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ فَتَنَافَسُوهَا كَمَا تَنَافَسُوهَا وَتُهْلِكَكُمْ كَمَا أَهْلَكَتْهُمْ

“Bukanlah kemiskinan yang aku takutkan atas kalian. Akan tetapi aku khawatir akan dilapangkan (harta) dunia kepada kalian, sebagaimana telah dilapangkan kepada orang-orang sebelum kalian. Lalu kalian akan saling berlomba-lomba untuk mendapatkannya sebagaimana mereka telah berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Dan (kemewahan) dunia itu akan membinasakan kalian sebagaimana telah membinasakan mereka.”
(HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Abdurrahman bin ’Auf Radhiallahu 'anhu berkata: “Dahulu kami diuji (oleh Allah) bersama Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dengan kesengsaraan, maka kami pun bisa bersabar. Kemudian setelah Nabi shallallahu alaihi wasallam meninggal dunia, kami diuji dengan kemewahan maka kami tidak mampu bersabar (dalam menghadapi kekayaan ini)." (HR. Tirmidzi no. 2464, shohih).

Manusia pada umumnya mengatakan bahwa Jika nanti aku punya harta maka aku akan begini dan begitu.. Aku akan shodakoh.. Aku akan menyantuni anak yatim, orang miskin, naik haji, akan membangun masjid dan perbuatan baik lainnya.

Tapi disaat mereka diberi harta maka ia lupa segalanya. Dan harta itu bukannya dipergunakan fisabilillah tapi ia gunakan hanya untuk berbangga bangga dan kemewahan saja.

Janji janji yang dahulu mereka katakan hanya sebatas omong kosong belaka.

Ingatlah hasrat yang hanya tertuju pada dunia, hanya akan menjadikan hina dan kelak di akherat akan lebih dihinakan lagi

يَوْمَ يُحْمَى عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَى بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ هَذَا مَا كَنَزْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ فَذُوقُوا مَا كُنْتُمْ تَكْنِزُونَ (35)

“Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka, “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, Maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.” (QS. at-Taubah: 35)

Semoga Allah paring manfaat dan barokah.

0 komentar:

Posting Komentar